Rangkuman PAI Kelas IX Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Beriman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Umat Islam harus percaya dan yakin bahwa hari akhir itu pasti akan datang. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah Swt. Perhatikan firman Allah Swt. berikut:

Artinya:  “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur” (Q.S. al-Hajj/22:7)

Iman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran ditandai dengan ditiupnya terompet oleh Malaikat Israfil.

Para ulama mengelompokkan kiamat menjadi dua macam, yaitu kiamat  Sugra dan kiamat Kubra.
  • Kiamat Sugra (kiamat kecil), yaitu terjadinya kematian yang menimpa sebagian umat manusia. Misalnya: matinya seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah tsunami, banjir, tanah longsor, dan sebagainya. 
  • Kiamat Kubra (kiamat besar), yaitu terjadinya kematian dan kehancuran yang menimpa seluruh alam semesta. Dunia porak poranda, rusak, dan hancur. Kehidupan manusia akan berganti  dengan alam yang baru, yakni alam akhirat. Kiamat Kubra ini dialami oleh seluruh makhluk hidup di jagad raya tanpa terkecuali.
Kejadian mengenai hari kiamat digambarkan oleh Allah Swt. begitu dahsyat, sebagaimana tertuang dalam Q.S. al-Qāri’ah/101:4-5berikut ini:
Artinya:  “Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.” (Q.S. al-Qāri’ah/101:4-5)

Di dalam Q.S. Az-Zalzalah/99:1-2,Allah Swt. juga berfirman:

Artinya: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat,dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya,” (Q.S. Az-Zalzalah/99:1-2)

Kiamat Kubra memang belum terjadi sehingga tak seorang pun mengetahui peristiwa yang ebenarnya. Namun, kita mengetahuinya dari firman Allah Swt. dan Hadis Nabi saw. Adapun kejadian Kiamat Kubra digambarkan oleh Allah Swt. sebagai berikut:
a.  Malaikat Israfil meniup sangkakala untuk yang pertama kali. Semua makhluk akan mati, kecuali yang dikehendaki hidup oleh Allah Swt.
Firman Allah dalam Q.S. az-Zumar/39:68:

Artinya:  “Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. ...” (Q.S. az-Zumar/39:68)

4.  Setelah kejadian kiamat Kubr±yang sangat dahsyat itu, semua manusia akan mati dan mengalami proses kehidupan di alam akhirat yaitu: alam Barzakh, Yaumul Ba’ats, Yaumul ¦asyr, Yaumul M³z±n/His±b.
5.  Setiap perbuatan baik dan buruk manusia akan menerima balasan dari Allah Swt. seadil-adilnya.

0 Response to "Rangkuman PAI Kelas IX Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel