Rangkuman PAI Kls 10 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri


  1. Menutup aurat adalah  kewajiban  agama  yang  ditegaskan  dalam  al-Qur’ān  maupun hadis Rasulullah saw. 
  2. Kewajiban menutup aurat disyari’atkan untuk kepentingan manusia itu sendiri sebagai wujud kasih sayang dan perhatian Allah Swt. terhadap kemaslahatan hamba-Nya di muka bumi.
  3. Kewajiban  bagi  kaum  mukminah  untuk  mengenakan  jilbab  untuk  menutup auratnya kecuali terhadap beberapa golongan.
  4. Dalam Q.S. al-A¥zāb/33:39ditegaskan perintah menggunakan jilbab dan memanjangkannya hingga ke dada, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap mukminah.
  5. Hadis dari Ummu A¯iyyah  berisi  anjuran  kepada  setiap  muslimah  untuk menghadiri śalat ‘´dul Fi¯ridan ‘´dul A«¥ameskipun sedang haid atau dipingit. Sementara  yang  tidak memiliki  jilbab,  dia  bisa  meminjamnya  dari  saudara seiman.
  6. Allah  Swt.  berfirman  dalam Q.S. an-Nµr/24:31untuk menjaga pandangan, memelihara kemaluan, dan tidak menampakkan aurat, kecuali kepada: suami, ayah suami, anak laki-laki suami, saudara laki-laki, anak laki saudara lakilaki, anak lelaki saudara perempuan, perempuan mukminah, hamba sahaya, pembantu tua yang tidak lagi memiliki hasrat terhadap wanita. 
  7. Allah Swt. memerintahkan setiap mukmin dan mukminah di dua ayat ini untuk bertaubat untuk memperoleh keberuntungan.

0 Response to "Rangkuman PAI Kls 10 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel